Serpihan Catatanku

Walaupun blog ini belum besar dan terkenal tapi semoga bisa memberikan manfaat bagi yang membaca. Aamiinn. Hidup Pemuda!!!

Breaking News

Saturday 28 January 2012

Asteroid yang mau nabrak bumi

TEMPO.CO California - Asteroid baru BX34 seukuran bus kini nyaris menabrak Bumi. Namun, kata ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), batu angkasa itu tidak menimbulkan bahaya.

Asteroid itu akan melintas dalam jarak 59.044 kilometer dari Bumi pada sekitar pukul 15.30 GMT atau 22.30 WIB. Dengan lebar hanya 11 meter, benda angkasa ini terlalu kecil untuk menimbulkan ancaman bagi Bumi.

"Andaipun mengarah ke Bumi, tidak akan bisa melalui atmosfer kita dalam kondisi utuh," demikian pernyataan Program Pengamatan Asteroid NASA dalam akun Twitter-nya.

Dekatnya posisi asteroid dengan Bumi, seperti dikutip Space, memungkinkan pengamat luar angkasa amatir untuk mengamatinya hanya dengan peralatan sederhana. "Mereka bisa mengamati benda angkasa itu melayang di angkasa sebelum sampai pada titik terdekat dengan Bumi," tulis Spaceweather.com.

Ilmuwan NASA dan tim astronomnya secara teratur memantau langit untuk mencari asteroid yang dapat menimbulkan bahaya bagi Bumi. Para ahli memperkirakan bahwa asteroid berdiameter sekitar 140 meter dapat menyebabkan kehancuran yang luas di dekat lokasi yang terdampak. Namun untuk menyakibatkan dampak global, ukuran asteroid itu terlalu kecil.

September lalu NASA mengumumkan mereka telah mendata sekitar 90 persen dari asteroid terbesar yang orbitnya dekat Bumi. Pada pemetaan terakhir, para ilmuwan memperkirakan ada sekitar 981 asteroid dekat Bumi seukuran gunung atau lebih besar.

Sepanjang sejarah, asteroid cukup besar dengan skala kerusakan masif hanya akan terjadi setiap 200-300 tahun saja, kata mantan astronot, Rusty Schweickart.

Pimpinan B612 Foundation, sebuah kelompok yang didedikasikan untuk memprediksi dan mencegah dampak asteroid dahsyat di Bumi, ini menyatakan kelangsungan hidup manusia suatu hari nanti akan tergantung pada kemampuan kita untuk membelokkan asteroid berbahaya menjauhi Bumi.

"Dinosaurus tidak memiliki teknologi tersebut, tentu saja, dan dampak bencana menyapu mereka bersama dengan tanaman lain dan spesies hewan, 65 juta tahun yang lalu," katanya. 



sumber by www.tempo.co


No comments:

Post a Comment

Designed By Ruli Rukmana Sakti