Serpihan Catatanku

Walaupun blog ini belum besar dan terkenal tapi semoga bisa memberikan manfaat bagi yang membaca. Aamiinn. Hidup Pemuda!!!

Breaking News

Saturday 7 July 2012

Arti Lambang Departemen Luar Negeri

departemen luar negeri
Keputusan Menteri Luar Negeri Nomor SK.058/OT/IV/2001/01 Tahun 2001 telah menetapkan Lambang Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang bernama “CARAKA BHUWANA”, terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut:
  1. Bola dunia atau “Bhuwana” berwarna biru laut yang dikelilingi oleh Mata rantai berwarna kuning berjumlah 45 buah; Padi berwarna kuning berjumlah 19 buah; Kapas berwarna putih dan kelopaknya berwarna hijau berjumlah 8 buah. Ketiga-tiganya melambangkan sejarah berdirinya Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pada tanggal 19 Agustus 1945, dan sekaligus melambangkan kesejahteraan.
  2. Burung Merpati berwarna kuning yang terletak di atas bola dunia yang melambangkan perdamaian.
  3. Delapan Pilar berwarna kuning yang terletak ditengah-tengah bola dunia yang melambangkan Gedung Pancasila sebagai Gedung Perjuangan.
  4. Pita berwarna kuning bertuliskan semboyan “Caraka Bhuwana” berwarna hitam dan terletak melintang di bawah bola dunia yang mempunyai arti sebagai utusan atau duta bangsa.
    Lambang Kementerian digunakan dalam hal sebagai berikut: Panji Kementerian Luar Negeri;Surat Penghargaan dan Ijazah Pendidikan dan Pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri; Surat dinas yang ditandatangani oleh pejabat Eselon I dan atau Eselon II di unit kerja Kementerian Luar Negeri; Vandel; Kartu Tanda Pengenal Pegawai; Kartu nama dan Kartu Ucapan untuk pejabat eselon I,II,III dan IV; Penggunaan di lingkungan Kementerian Luar Negeri yang bersifat nirlaba dan sesuai dengan tujuan diadakannya lambang ini.
Sumber : deplu.go.id

No comments:

Post a Comment

Designed By Ruli Rukmana Sakti